Minggu, 07 September 2014

LANGKAH MEMBACKUP APLIKASI DAPODIK DENGAN DAPODIK HELPER


2] Lakukan Instalasi Dengan Klik Kanan Aplikasinya Dan Run Ass Administrator jangan lupa passwordnya : independenceday
3] Jika Ada Pesan "Pengaturan Tidak Di Temukan, Lakukan Pengaturan Ulang" Klik OK Tunggu Proses Hingga Selesai. Jika Sudah Silahkan Restart Dapodik Helper Anda
4] Berikut Tampilan Dapodik Helper Yang Berhasil Diinstal (Lihat Gambar Bawah) Terdapat Beberapa Menu Seperti File, Setting, Maintenance & Help Silahkan Pelajari Mandiri.
5] Untuk Membacup Dapodik Klik Menu Maintenace > Back Up Data
, Tentukan Lokasi Penyimpanan Hasil Bacup Kemudian Tunggu Proses Hingga Selesai Selanjutnya Tinggal Close
- Untuk Merestore Dapodik Klik Menu Maintenace > Restore Data
, Cari Lokasi Penyimpanan Hasil Bacup Kemudian Tunggu Proses Hingga Selesai Selanjutnya Tinggal Close
Catatan :
Perlu Diingat Jika Jangan Mengunakan File Hasil Backup Jika :
- Telah Melakukan Perubahan Data Sehingga Hasil Backup Bukan Yang Terbaru
- Telah Melakukan Singkronisasi Sehingga Data Di Server Lebih Baru Dari Data Di Lokal
Mohon Koreksinya Jika Ada Kekeliruan.

BEBERAPA SARAN JIKA ANDA MELAKUKAN INSTAL ULANG DAPODIK


1] Lakukan Generate Prefill Agar Prefill Yang Diunduh Sudah Merupakan Data Terbaru Klik Link Inihttp://dapo.dikdas.kemdikbud.go.id/prefill_final/generate_prefill.php
2] Lakukan Registrasi Dengan Username Email (Harus Email Aktif) dan Password Yang Sama Dengan Sebebelumnya, Paswordnya yang Mudah Diingat yaa...
3] Jika Mendapati Peringatan "Beberapa Data Tidak masuk" Jangan Dulu Panik. Coba Klik Sekali Lagi Sampai Muncul Registrasi Berhasil
4] Silahkan Cek & Ricek Lagi Dapodik Anda Apakah Sudah Sesuai Dengan Perubahan Terbaru dan Log Singkronisasi Yang Akan Tampil Adalah Log Singkon yang terkahir Saja
5] Sebelum Melanjutkan Aktifitas Input Data, Lakukan lah Dulu Singkronisasi. Mengapa Demikian ? Karena Data Referensi Baru Belum Masuk Ke Aplikasi 3.00 (lihat Gambar Di Bawah, Ini Terjadi Ketika Anda Instal Ulang Dapodik dan Melakukan Singkron Pertama Kalinya Setelah Instal Ulang Dapodik)
6] Memang Belum Ada Penjelasan Resmi Perihal Masalah "Maaf Beberapa Data Tidak Masuk" Tapi Mungkinkah Data Yang Tidak Masuk Tersebut Sebenernya Adalah Data Referensi Saja Jadi Sebaiknya Cek Ulang Data yg memanfaatkan Data Referensi Tersebut.
Mohon Maaf Bila Ada Pemahaman Yang Salah Sekaligus Mohon Koreksinya.

CEK STATUS REGISTRASI SDM-PDSP YANG BERKAITAN DENGAN LOGIN VERVAL PD






Teman-2 OP Dinas atau Sekolah yang sudah melakukan registrasi ke SDM-PDSP dan belum Mendapat SMS atau Email jawaban dari admin SDM-PDSP,
1. Check status pendaftaran,
2. Login SDM-PDSP dan VervalPD menggunakan email yang dicantumkan dalam form registrasi SDM-PDSP
3. Bila Staus pendaftaran masih dalam Antrian, harap menunggu,,, (sambil senyum dikit),,,, 
4. registrasi gagal, segera registrasi ulang, pastikan semua kolom terisi dan berkas yang tepat dalam format pdf serta kapasitasnya tidak melebihi 800 Kb
semoga bisa dipahami dan bermanfaat,, 

VALIDASI PENGISIAN DAPODIK 2014

Banyak terjadi kesimpang siuran tentang pemahaman pengisian dapodik, mulai dapodik 2013 sampai sekarang. Ada beberapa faktor penyebab hal tersebut, mulai dari tingkat sosialisasi, tingkat pemahaman masing2 personal dan hal lain seperti informasi luas yang tersebar di internet.
Namun hal tersebut sangat diharapakan tidak lagi terjadi, karena dasar petunjuknya sudah ada, tinggal mau membaca atau tidak.
UNDUH FILE DARI LINK DIBAWAH INI
DI PAHAMI PER KASUS LALU TERAPKAN
BUDAYA KAN MEMBACA HINGGA AKHIR LALU COBA PAHAMI, SILAHKAN BERTANYA JIKA ADA YANG KURANG DI PAHAMI
SALAM METAL

Sabtu, 06 September 2014

MENGHAPUS DATA KARENA SALAH NAMA



Menghapus Data Siswa Dilakukan Jika Memang Data Yang Bersangkutan Itu Seharusnya Tidak Ada. Menghapus Data Siswa Beserta Turunanya Dengan Alasan "SALAH NAMA" Sebaiknya Tidak Dilakukan. Karena Prosedur Perubahan Nama Yang Sekarang Itu via vervalpd.data.kemdikbud.go.id
Data Turunan Merupakan Bukti Keterlibatan Peserta Didik Dalam Proses Belajar Mengajar Pada Tiap Semester. Jika anda Menghapus Data Turunan Ditiap Semester Maka Seharusnya anda Menginput Ulang Data Turunannya Ditiap Semester Yang Anda Hapus. Namun Perlu Anda Ingat Bahwa Sistem Mencatat Tanggal Update Setiap Perubahan Data...
Pengeditan Nama Dengan Jalur "INSPECT ELEMENT" Juga Perlu Anda Telaah" Apakah Nama Tersebut Juga Berubah Di Progres... Dan di Vervalpd... Jika Tidak Berubah Buat apa pake Trik Tersebut.
Saya Hanya Bisa Menyarankan Ikuti Jalur Yang Seharusnya Sambil Wait & See Siapa Tau Admin Pusat Mengeluarkan Kebijakan Yang Mempermudah.

CEK LTD UNTUK GURU NON PNS YANG MEMILIKI NUPTK



Kepada para Guru bukan PNS yg sdah punya NUPTK valid dan terdaftar di P2TK dikdas coba saja cek LTD anda di salah satu LINK di bawah ini:
1. http://223.27.144.195:8081/
2. http://223.27.144.195:8082/
3. http://223.27.144.195:8083/
4. http://223.27.144.195:8084/
5. http://223.27.144.195:8085/

mudah2an dapat No. Keberuntungan ha.ha.ha. kalau ga dapet jng cemberut.. belum rezeki, atau belum dipanggil, atau dan belum masuk kategori/aturan utk dapat inpasing he.he.he. (bertahap pemanggilannya, jdi cek scara berkala) jng bosen2 ya siapa tahu aja rekan2 dapat panggilan dari KPK hehe.he.

kalau yg dapet No. segera penuhi syarat2 yg tertera di alamt tsb dan segera kirimkan
tuk lebih jelasnya lihat gambar dan masuk saja ke alamt tsb terus lihat dan baca!!

Jumat, 05 September 2014

JIKA SUDAH BERHASIL SINKRONISASI


JIKA SUDAH BERHASIL SINKRONISASI 
Cek Datanya di Progress Pengiriman (apa kah datanya sudah benar)http://dapo.dikdas.kemdikbud.go.id/exreport
Pilih Propinsi, Kabupaten, Kecamatan dan Klik Nama Sekolahnya.
Bisa juga dengan memasukkan NPSN dipojok kanan atas dan klik cari.
Lihat apa yang ada di dalam profil sekolah (dg memasukkan koreg).
"Sudah sesuaikah datanya antara App dan Progress/Server"
Jangan cuman sinkron tapi tidak pernah cek data yang ada di server.
Jika perlu generate dan registrasi baru, dengan prefill baru hasil generate, untuk memastikan data sudah sama.

PERBEDAAN NOMOR SK AKREDITASI DENGAN NOMOR SERTIFIKASI AKREDITASI



Bagi yang masih bingung dengan nomor SK Akreditasi, silakan cermati gambar berikut. SK akreditasi terpisah dari Sertifikat Akreditasi, dan di sertifikat belum tentu mencantumkan nomor SK Akreditasinya. (namun biasanya saat pengiriman sertifikat jg melampirkan copy SK akreditasinya).

LANGKAH / CARA HAPUS DATA DI APLIKASI DAPODIKDAS



Cara hapus data di aplikasi dapodikdas itu sebenernya kebalikan dari alur entry data. Kalau entry/masukan data berarti alur maju, nah kalau menghapusnya berarti alur mundur.
Contoh hapus prasarana kan alur entrnya sperti ini:
- tambah prasrana kemudian pilih sarana dan kasih nama prasarana tersebut dan pilih status kepemilikan kemudian save.
- setelah itu input kondisi alias data periodik dan save.
- setelah itu di prasarana tersebut isi sarana, alat dan buku, ngisi sarana alurnya sama dng prasarana.
nah hapusnya kebalikan dari alur entri data: (hapunya bukan angka tapi klik menu 'hapus')
berarti hapus dulu data periodik sarana, save, terus hapus jenis sarananya, kemudian hapus buku & alat periodiknya dan jenis buku dan alatnya. Terus hapus periodik prasaran/kondisi prasarana, save baru hapus jenis prasarananya. Catatan jika prasarana tersebut sudah digunakan untuk rombel / sudah diatur di rombel otomatis harus di hapus dulu rombelnya. Dan menghapus rombel tersebut juga harus sesuai alur mundur tersebut.
BEGITUPUN HAPUS DATA YG LAIN
Entry = Alur maju
hapus = Alur mundur
nah catatan kan ada data yg ada dta periodiknya di tahun pelajaran sebelumnya.. nah anda harus login ke tahun pembelajran sebelumnya lakukan hapusnya alur mundur pula.. 2014/2015 ganjil > 2013/2014 genap, terakhir hapusnya di periode ganjil 2013/2014.
nah yg jdi masalah yg masih nyangkut data periodik di periode 2012/2013 itu pasti ga bisa dihapus.. (terus solusinya) kan solusi sementaranya udeh disampaikan sebelumnya:
- utk PD (Peserta Didik) hapus registasinya bila perlu hapus jga data periodiknya dan jng dimasukan rombel (di menu registasi ada menu hapus)
- utk PTK hapus penugasannya (di menu penugasan)
- utk prasarana atau sarana lakukan dulu langkah2 di atas tpi kalau sdah mentok abaikan dulu.. mungkin nanti di aplikasi semester genap 2014/2015 dibuka login periode 2012/2013
Kesimpulan:
Kalau tahu dan mengerti alur/tahapan entry data pasti faham pula cara hapusnya..

Kamis, 04 September 2014

CARA INPUT DAN HAPUS SARANA BUKU KURIKULUM 2013



Contoh Menginput Buku Kelas 1 SD
1] Klik Tab Sarpras 
2] Pilih Jenis Prasarana
3] Klik Buku Dan Alat [Data Pelengkap]
4] Klik Tombol Tambah
Input Buku Guru Kurikulum 2013
- Mata Pelajaran : S1 PGSD/ Guru Kelas SD
- Tingkat Pendidikan : Kelas 1
- Jenis Buku : BG.1 : Diri Sendiri (Cari Di Halaman 2 s.d 6)
- Nama Buku/Alat : Buku Guru Kelas 1 Tema Diri Sendiri
Input Buku Siswa Kurikulum 2013
- Mata Pelajaran : S1 PGSD/ Guru Kelas SD
- Tingkat Pendidikan : Kelas 1
- Jenis Buku : BS.1 : Diri Sendiri (Cari Di Halaman 2 s.d 6)
- Nama Buku/Alat : Buku Siswa Kelas 1 Tema Diri Sendiri
5] Tekan Simpan
6] Tekan Lengkapi Data Periodik
- Jumlah : Sesuai Yang Diterima Sekolah
- Status Kelaikan : Laik
- Klik Save & Close

Menghapus Sarana Buku Yang Salah Input
1] Klik Sarana Buku Yang Akan Di Hapus
2] Klik Tombol Lengkapi Data Periodik
3] Tekan Tombol Hapus
4] Save & Close
5] Klik Hapus Pada Sarana Buku Alat
6] Hapus
Selesai
Loading

 
Design by Dian Cakra Wiyatama