Selasa, 17 September 2013

TONNIS - PERMAINAN OLAH RAGA BARU

Tonnis adalah olahraga baru yang memadukan badminton dengan tenis lapangan.Permainan tonis dimainkan dengan cara dan peraturan yang hampir sama dengan tenis. Tonis merupakan jenis permainan yang menggunakan alat yaitu bola kecil (kurang lebih sebesar bola tenis tapi lebih lentur) dan menggunakan Bad / paddle (pemukul yang terbuat dari kayu).  Permainan tonis dapat dilakukan dengan cara bermain tunggal maupun beregu bahkan tonnis dapat dijadikan dasar sebelum bermain tenis.


Tonnis pertama kali dicetuskan oleh Sri Haryono SPd MOr dan Drs Tri Nurharsono MPd, dosen FIK Unnes. Tonnis diperkenalkan dalam pameran olahraga di FIK Unnes, Desember 2005. Perkenalan sebatas dalam bentuk ekshibisi yang diperagakan kalangan mahasiswa FIK Unnes. Kemudian perkenalan dilanjutkan dalam bentuk kejuaraan yang diikuti guru-guru Olahraga Pendidikan Jasmani (Penjas) se-Jateng. Tonnis diusulkan ke Dinas P dan K Jateng untuk dijadikan salah satu cabang olahraga yang dipertandingkan baik di Porseni SD maupun Popda Jateng. Dengan demikian, diharapkan dalam beberapa tahun mendatang tonnis sudah memasyarakat. Setelah itu, diperkenalkan di Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) dalam bentuk ekshibisi bahkan dipertandingkan dalam Pekan Olahraga Nasional (PON).

Peralatan

Ukuran lapangan dan net yang digunakan sama dengan lapangan badminton. Bedanya, tonnis hanya butuh net setinggi 85 cm, hampir sama dengan tinggi jaring tenis lapangan. Satu lapangan hanya membutuhkan lahan dengan ukuran 13,40 meter dan lebar 6,10 meter. Raket terbuat dari kayu multiflex. Raket tonnis yang diberi nama paddle tersebut terbuat dari kayu multiflex dengan ketebalan papan 8-12 mm, panjang 32 cm keseluruhan, dengan pemukul lebar 20 cm, panjang 8 cm dilengkapi dengan tali sebagai pengaman. Juga bisa diberi lubang-lubang kecil, untuk mengurangi tekanan angin. Bentuk bola yang digunakan sama dengan bola tenis lapangan. Namun, agak ringan dan lebih lentur sehingga kalau dipukul lajunya tidak terlalu kecang seperti bola tenis.

Aturan Main

Aturan mainnya hampir sama dengan bulu tangkis. Pemenang pertandingan adalah yang lebih dahulu meraih angka 21. Ketika terjadi rubber set akan dilanjutkan pertandingan set ketiga.

Jika terjadi deuce 20-20, dicari keunggulan dua angka untuk menentukan kemenangan. Namun kalau sampai terjadi persaingan angka yang ketat setelah terjadi deuce, 21-21, 22-22, 23-23, sampai 24 - 24, atlet yang dapat mengumpulkan angka 25 lebih dahulu yang berhak memenangi pertandingan.

Untuk memimpin pertandingan, satu lapangan dijaga seorang wasit dibantu empat hakim garis. Aturan seperti itu berlaku untuk pertandingan nomor tunggal/ganda ataupun ganda campuran.

LAPANGAN TONNIS
Permainan tonnis dimainkan pada lapangan berbentuk segiempat dengan ukuran yang sama dengan lapangan bulu tangkis :
Panjang             : 13.40 meter
Lebarnya           : 6.10 meter
Tinggi net           : 80 centimeter
Tinggi tiang net   : 85 centimeter
Permukaan lapangan permainan tonnis dapat berupa : tanah liat, rumput, tegel ataupun cor semen. Batas batas lapangan atau garis selebar 5 centimeter.

Permainan tonnis dapat dilakukan oleh semua kelompok umur, yaitu :

Anak usia 6 – 12 tahun (lapangan sedikit berbeda)
 

Anak diatas usia 12 tahun 
 

BAD / PADDLE
Bad ini digunakan untuk memukul bola, terbuat dari papan kayu yang tidak mudah patah dengan ketebalan 8 – 12 milimeter , lebar 20 centimeter, panjang 24 centimeter, pegangan panjangnya 8 centimeter. Pada pegangan bad harus diberi pengaman berupa tali.

 
Permainan tonnis memiliki karakteristik tersendiri yang dapat digunakan untuk olahraga anak sekolah dasar sampai perguruan tinggi dan bahkan masyarakat umum(Bapak-bapak dan ibu-ibu yang mau dan mampu).

Rabu, 11 September 2013

TUTORIAL DAPODIK 2013 - MANUAL APLIKASI DEKSTOP v.beta-1


Tutorial App DAPODIK 2013 ( Manual dekstop v.beta-1) sudah ada, namun belum lengkap. Meskipun demikian, diharapkan tutorial ini dapat membantu dan memberikan sedikit gambaran untuk pengerjaan App DAPODIK 2013 mendatang.

Dalam tutorial ini ada beberapa hal baru juga ada beberapa hal lama. Untuk data prefield yang sudah terkirim diharapkan dapat di cek kembali sekiranya perlu ada pembetulan di dalamnya.

Untuk file PDF Tutorial App DAPODIK 2013 ( Manual dekstop v.beta-1) dapat diunduh pada link di bawah ini :


FORMULIR KS, PTK DAN PESERTA DIDIK - DAPODIK 2013




Setelah PADAMU NEGERI sudah mulai condong ke penyelesaian, sekarang saatnya proses pengerjaan DAPODIK 2013. App DAPODIK 2013 yang segera rilis sudah memunculkan pekerjaan baru bagi para Operator Sekolah untuk segera mencicil data yang harus di entry ke dalam App DAPODIK 2013 mendatang (jika sudah rilis).
 
Formulir Kepala Sekolah, PTK dan Peserta Didik diharapkan dapat segera dikerjakan agar dalam penyambutan App baru nanti sudah ada persiapan yang cukup.

Untuk unduh formulir KS, PTK dan PD silahkan ikuti link di bawah ini:

Rabu, 28 Agustus 2013

MATERI PLPG TAHUN 2013

 
Sesuai kebijakan BPSDMP-PMP, materi PLPG diupayakan untuk diunggah sehingga guru bisa mengunduhnya untuk dipelajari sebelumnya. MATERI INI MUNGKIN AKAN BISA BERTAMBAH, MENYESUAIKAN KEBUTUHAN.
Catatan tanggal 20 Agustus: karena ada file yang tidak bisa dicetak, maka diupload lagi file tersebut. File yang berubah adalah yang bertanda “revisi”.
Materi ini selain bisa diunduh dari page ini. Berikut materi yang tersedia:
  1. Pengembangan Profesi Guru
  2. Guru Kelas PAUD/TK (lengkap)
  3. Guru Kelas SD (Materi Bidang Studi),
  4. Guru Kelas PLB (Materi Bidang Studi)
  5. Seni Budaya (lengkap)
  6. Penjaskes (Materi Bidang Studi)
  7. Bahasa Indonesia (lengkap)
  8. Bahasa Inggris
  9. PKn (Materi Bidang Studi)
  10. Matematika (lengkap)
  11. TIK (Materi bidang studi), Materi Pembelajaran Teknik – dari UM (revisi)
  12. IPA (lengkap)
  13. IPS (lengkap)
  14. Biologi (lengkap)
  15. Fisika (Materi Bidang studi), Materi Pembelajaran Fisika – dari UM (revisi)
  16. Kimia (Materi Bidang studi) (revisi), Materi Pembelajaran Kimia – dari UM (revisi)
  17. Geografi (lengkap)
  18. Sejarah (lengkap)
  19. Bahasa Arab
  20. KKPI (Materi Bidang studi), Materi Pembelajaran Teknik – dari UM (revisi)
  21. Kewirausahaan (Materi Bidang studi)
  22. BK (lengkap)
  23. Teknik Mesin (Materi Bidang Studi), Materi Pembelajaran Teknik – dari UM (revisi)
  24. Teknik Otomotif (Materi Bidang studi), Materi Pembelajaran Teknik – dari UM (revisi)
  25. Teknik Elektronika (lengkap), Materi Pembelajaran Teknik – dari UM (revisi)
  26. Teknik Ketenagalistrikan (Materi Bidang Studi), Materi Pembelajaran Teknik – dari UM (revisi)
  27. Tata Boga (lengkap), Materi Pembelajaran Teknik – dari UM (revisi)
  28. Tata Busana (Materi Bidang studi), Materi Pembelajaran Teknik – dari UM (revisi)
  29. Administrasi Perkantoran (lengkap)
  30. Pemasaran (lengkap)
  31. Keuangan (lengkap)
  32. Teknik Komputer dan Informatika (Materi Bidang studi), Modul TKI – dari UM (revisi), Materi Pembelajaran Teknik – dari UM (revisi)
  33. Teknik Kimia (Materi Bidang Studi), Materi Pembelajaran Kimia – dari UM (revisi)
Materi Pendukung:
  1. Buku Kelas 1 SD: Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas 1 SD, Buku Guru: Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 1 SD, Tema 1: Diriku, Tema 2: Kegemaranku, Tema 3: Kegiatanku, Tema 4: Keluargaku
  2. Buku Kelas 4 SD: Pendidikan Islam dan Budi Pekerti, Buku Guru: Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 4, Tema 1: Indahnya Kebersamaan kelas 4, Tema 2: Selalu Berhemat Energi kelas 4, Tema 3: Peduli Terhadap Makhluk Hidup kelas 4, Tema 4: Berbagai Pekerjaan kelas 4
Materi dari Pelatihan Kurikulum 2013:
  1. SD KELAS 1 (revisi)
  2. BAHASA INDONESIA SMP (revisi), BAHASA INDONESIA SMA-SMK (revisi)
  3. MATEMATIKA SMP (revisi), MATEMATIKA SMA (revisi)
  4. IPA SMP (revisi)
  5. IPS SMP (revisi)
  6. BAHASA INGGRIS SMP (revisi)
  7. PENJASKES SMP (revisi)
  8. PKn SMP (revisi)
  9. PRAKARYA SMP (revisi)
  10. SENIBUDAYA SMP (revisi)
  11. SEJARAH INDONESIA SMA-SMK (revisi)
Lain-lain:
  1. Panduan Peserta 2013 (revisi)
  2. Panduan Instruktur 2013 (revisi)
  3. Implementasi Kurikulum 2013

DAFTAR PESERTA DAN JADWAL PLPG 2013 KABUPATEN PACITAN



Jadwal PLPG Tahap 1 tahun 2013
Hari : Senin
Tanggal : 26 Agustus 2013
acara dimulai :
1. Pukul 12.00 s.d 13.00 WIB : Check in dan penyelesaian urusan administrasi
2. Pukul 13.00 s.d 13.30 WIB : Pembukaan PLPG
3. Pukul 13.30 s.d 14.00 WIB : Persiapan
4. Pukul 14.00 s.d 17.30 WIB : Materi Kebijakan Pengembangan Profesi Guru
5. dst....

Daftar Peserta PLPG Tahap 1 tahun 2013

======================================================

Jadwal PLPG Tahap 2 tahun 2013
Hari : Kamis
Tanggal : 5 September 2013
acara dimulai :
1. Pukul 12.00 s.d 13.00 WIB : Check in dan penyelesaian urusan administrasi
2. Pukul 13.00 s.d 13.30 WIB : Pembukaan PLPG
3. Pukul 13.30 s.d 14.00 WIB : Persiapan
4. Pukul 14.00 s.d 17.30 WIB : Materi Kebijakan Pengembangan Profesi Guru
5. dst...

Daftar Peserta PLPG Tahap 2 tahun 2013

=====================================================
Jadwal PLPG Tahap 3 tahun 2013
Hari : Minggu
Tanggal : 15 September 2013
acara :
1. Pukul 12.00 s.d 13.00 WIB : Check in dan penyelesaian urusan administrasi
2. Pukul 13.00 s.d 13.30 WIB : Pembukaan PLPG
3. Pukul 13.30 s.d 14.00 WIB : Persiapan
4. Pukul 14.00 s.d 17.30 WIB : Materi Kebijakan Pengembangan Profesi Guru
5. dst...


Daftar Peserta PLPG Tahap 3 tahun 2013

=====================================================
Jadwal PLPG Tahap 4 tahun 2013
Hari : Rabu
Tanggal : 25 September 2013
acara :
1. Pukul 12.00 s.d 13.00 WIB : Check in dan penyelesaian urusan administrasi
2. Pukul 13.00 s.d 13.30 WIB : Pembukaan PLPG
3. Pukul 13.30 s.d 14.00 WIB : Persiapan
4. Pukul 14.00 s.d 17.30 WIB : Materi Kebijakan Pengembangan Profesi Guru
5. dst...

Daftar Peserta PLPG Tahap 4 tahun 2013

=====================================================
Jadwal PLPG Tahap 5 tahun 2013
Hari : Sabtu
Tanggal : 5 Oktober 2013
Acara :
1. Pukul 12.00 s.d 13.00 WIB : Check in dan penyelesaian urusan administrasi
2. Pukul 13.00 s.d 13.30 WIB : Pembukaan PLPG
3. Pukul 13.30 s.d 14.00 WIB : Persiapan
4. Pukul 14.00 s.d 17.30 WIB : Materi Kebijakan Pengembangan Profesi Guru
5. dst...

Daftar Peserta PLPG Tahap 5 tahun 2013


=====================================================
Jadwal PLPG Tahap 6 tahun 2013
Hari : Rabu
Tanggal : 16 Oktober 2013
Acara :
1. Pukul 12.00 s.d 13.00 WIB : Check in dan penyelesaian urusan administrasi
2. Pukul 13.00 s.d 13.30 WIB : Pembukaan PLPG
3. Pukul 13.30 s.d 14.00 WIB : Persiapan
4. Pukul 14.00 s.d 17.30 WIB : Materi Kebijakan Pengembangan Profesi Guru
5. dst...

Daftar Peserta PLPG Tahap 6 tahun 2013

=====================================================
Jadwal PLPG Tahap 7 tahun 2013
Hari : Sabtu
Tanggal : 26 Oktober 2013
Acara :
1. Pukul 12.00 s.d 13.00 WIB : Check in dan penyelesaian urusan administrasi
2. Pukul 13.00 s.d 13.30 WIB : Pembukaan PLPG
3. Pukul 13.30 s.d 14.00 WIB : Persiapan
4. Pukul 14.00 s.d 17.30 WIB : Materi Kebijakan Pengembangan Profesi Guru
5. dst...

Daftar Peserta PLPG Tahap 7 tahun 2013

=====================================================
Jadwal PLPG Tahap 8 tahun 2013
Hari : Rabu
Tanggal : 6 Nopember 2013
Acara :
1. Pukul 12.00 s.d 13.00 WIB : Check in dan penyelesaian urusan administrasi
2. Pukul 13.00 s.d 13.30 WIB : Pembukaan PLPG
3. Pukul 13.30 s.d 14.00 WIB : Persiapan
4. Pukul 14.00 s.d 17.30 WIB : Materi Kebijakan Pengembangan Profesi Guru
5. dst...

Daftar Peserta PLPG Tahap 8 tahun 2013

=====================================================
Jadwal PLPG Tahap 9 tahun 2013
Hari : Sabtu
Tanggal : 16 Nopember 2013
Acara :
1. Pukul 12.00 s.d 13.00 WIB : Check in dan penyelesaian urusan administrasi
2. Pukul 13.00 s.d 13.30 WIB : Pembukaan PLPG
3. Pukul 13.30 s.d 14.00 WIB : Persiapan
4. Pukul 14.00 s.d 17.30 WIB : Materi Kebijakan Pengembangan Profesi Guru
5. dst...

Daftar Peserta PLPG Tahap 9 tahun 2013
http://psg15.um.ac.id/wp-content/uploads/2013/11/2013-9-Kab.-Pacitan.pdf

Selasa, 27 Agustus 2013

SYARAT-SYARAT UMUM PENERIMAAN CPNS 2013


Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Azwar Abubakar melalui Surat Edaran Nomor : SE/10/M.PAN-RB/08/2013 meminta pejabat pembina kepegawaian di seluruh Indonesia untuk menyiapkan sarana dalam rangka mendukung pelaksanaan sistem Computer Assisted Test (CAT), termasuk spesifikasi minimal infrastruktur penggunaan CAT.

Sedang bagi para peserta tes CPNS, untuk menghemat waktu akses, agar menyiapkan data-data dan dokumen pendukung minimal, yaitu :

* Nomor Kartu Tanda Penduduk (KTP).
* Tahun dan nomor ijasah pendidikan terakhir.
* Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) transkrip nilai pendidikan terakhir.
* Berkas pasfoto digital warna berukuran 200 x 150 piksel dalam format JPEG (dengan nama ekstensi JPG) dan maksimal berukuran sebesar 30 KB.
* Berkas fotokopi digital ijasah dan transkrip dalam format PDF (dengan nama ekstensi PDF) dan maksimal berukuran 500 KB.
* Surat elektronik (Email) yang biasa dan selalu Anda akses secara berkala. Informasi khusus akan disampaikan melalui surat elektronik secara langsung.
* Judul dan abstrak tugas akhir / tesis / disertasi.
* Untuk pelamar lulusan dari luar-negeri, diwajibkan melampirkan Surat Keterangan Penyetaraan Ijasah dari Dikti – Depdiknas, atau Surat Keterangan telah mengajukan permohonan Penyetaraan Ijasah.

Peserta diimbau melakukan registrasi lamaran melalui situs yang benar, mengisi formulir dengan benar dan lengkap. Kesalahan pengisian sehingga terjadi ketidaksesuaian dengan berkas digital pendukung yang telah diunggah akan mengakibatkan ketidaklulusan pada tahap I (verifikasi administrasi).

Kebenaran isian serta berkas digital yang diunggah akan dicek pada saat verifikasi fisik sebelum ujian tulis. Ketidaksesuaian data akan mengakibatkan peserta digugurkan dan tidak diperkenankan mengikuti ujian tulis.

Dalam proses verifikasi, panitia tidak memiliki (dan tidak diberi) wewenang untuk melakukan perubahan pada isian Anda.

Deputi Bidang SDM Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) Setiawan Wangsaatmaja mengatakan, pelaksanaan tes CPNS akan dibagi dalam dua metode. Yaitu sitem yang menggunakan LJK dan sistem CAT.

Pelaksanaan tes CPNS dari pelamar umum dengan sistem Computer Assisted Test (CAT) akan dimulai pada 29 September 2013. Sedangkan tes CPNS melalui sistem lembar jawaban komputer (LJK) untuk honorer katagori dua maupun pelamar umum akan digelar serentak pada 3 November 2013.

Dalam CAT, peserta diwajibkan menyelesaikan 100 soal. Terdiri dari 35 soal tes wawasan kebangsaan (TWK), 30 soal tes intelegensia umum (TIU), dan 35 soal tes karakteristik pribadi (TKP). Untuk TWK dan TIU, kalau salah nilainya nol, kalau betul nilainya 5.

Untuk mengatasi keadaan itu, harus diciptakan sebuah sistem yang bisa memutus mata rantai transaksi illegal, yang merusak sendi-sendi kehidupan bernegara itu. Pemerintah yakin, test CPNS dengan sistem Computer Assisted Test (CAT) yang akan dilaksanakan mulai tahun 2013 ini dapat menghindari terjadinya praktek-praktek tidak terpuji itu.

Dalam pelaksanaannya, panitia seleksi nasional pengadaan CPNS bekerjasama dengan Lembaga Sandi Negara (Lemsaneg) yang membantu proses pengamanan sistem teknologinya. “Lemsaneg akan mem-protect supaya soal-soal pada sistem CAT tidak bocor. Dijamin seratus persen aman.” imbuhnya.

sumber : https://www.facebook.com/groups/operatorpadamunegeri/permalink/477146575715192/

Jumat, 23 Agustus 2013

JADWAL UJIAN / TES CPNS HONORER K - II



JAKARTA - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) akan melakukan seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) pada bulan ini. Seleksi ini akan dilakukan pada Agustus sampai November.
Hal tersebut tertuang dalam Surat Edaran Nomor: SE/10/M.PAN-RB/08/2013, 21 Agustus 2013, yang ditandatangani oleh Menteri PAN-RB Azwar Abubakar. Adapun Honorer Kategori II yakni gaji atau penghasilannya tidak berasal dari APBN atau APBD.
Dalam lampiran I, Surat Edaran itu disebutkan, pada Minggu keempat Agustus sampai dengan Minggu ketiga September, Badan Kepegawaian Negara (BKN) akan mengirimkan listing Tenaga Honorer K-II ke-33 Provinsi di seluruh tanah air.
Selanjutnya, masing-masing instansi baik Kementerian Lembaga (K/L), Provinsi, Kabupaten atau Kota pada September, menetapkan tempat tas Tenaga Honorer K-II, ini dipisahkan dengan tempat tes Pelamar Umum.
Pada minggu kedua sampai dengan minggu ketiga Oktober akan dilakukan pemberitahuan dan penyampaian Nomor Tes Tenaga Honorer K-II. Selanjutnya, pada 3 November, akan dilaksanakan Ujian Tes Kemampuan Dasar (TKD) dan Tes Kemampuan Bidang (TKB) oleh masing-masing instansi baik K/L, Provinsi, atau Kabupaten-Kota.
“Pengumuman Kelulusan CPNS Tenaga Honorer K-II akan dilakukan oleh Panitia Seleksi Nasional (Panselnas), melalui website Menpan pada Minggu pertama Desember,” bunyi lampiran I Surat Edaran Menteri PAN-RB Azwar Abubakar tersebut, seperti dilansir dari situs KemenPAN, Jumat (23/8/2013).
Kemudian, Pemberkasan dan Penetapan Nomor Induk Pegawai (NIP) akan dilakukan oleh masing-masing instansi K/L, Provinsi, Kabupaten Kota, mulai Minggu ketiga Desember sampai dengan selesai.

sumber : KoranFb, 23/08/2013

Kamis, 22 Agustus 2013

PADAMU NEGERI - PANDUAN UPLOAD DATA SISWA, EDS DAN CONTOH FORMAT



Cara memasukkan data siswa, cetak formulir dan mengisi EDS siswa :

1. Operator Sekolah login ke PADAMU NEGERI
 
2. Operator Sekolah pilih menu Kelola Sekolah kemudian pilih Administrasi Sekolah
 
3. Operator Sekolah mengisi/melengkapi data siswa
 
4. Operator Sekolah mencetak Surat Akun Siswa
 
5. Operator Sekolah memberikan cetak Surat Akun Siswa kepada Siswa
 
6. Siswa login ke PADAMU NEGERI
 
7. Siswa mengisi angket EDS secara online



Rabu, 21 Agustus 2013

Pembaruan (UPDATE) data DAPODIK tak perlu menunggu tahun ajaran baru





Bandung (Dikdas): Pembaruan (updating) data harus dilakukan secara berkala. Sebab perubahan yang terjadi pada tiga entitas pendidikan yaitu peserta didik, pendidik dan tenaga kependidikan, dan satuan pendidikan selalu terjadi. Pembaruan pun tak perlu menunggu tahun ajaran baru.

Dr. Thamrin Kasman, Sekretaris Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar, berkata demikian saat memberi arahan pada peserta Training of Trainer Sistem Pendataan Pendidikan Dasar Tahun 2013 angkatan III di The Trans Hotel, Bandung, Jawa Barat, Selasa pagi, 23 Juli 2013. 

“Setiap ada perubahan pada siswa, guru, dan infrastruktur, lakukan pengubahan pada Dapodik,” ujarnya.

Menurut Thamrin, pembaruan data pada Dapodik dapat dimanfaatkan untuk mengetahui penyerapan siswa di jenjang SD dan SMP. Kita, katanya, bisa tahu persentase lulusan siswa Taman Kanak-kanak yang masuk ke SD. Begitupula lulusan SD yang diserap di bangku SMP dapat diketahui persentasenya.

“Kita tidak bisa menjamin seluruh siswa SD masuk ke jenjang SMP,” jelasnya.

Selain penyerapan siswa, pembaruan data juga dapat mengungkap besaran anggaran yang diperlukan untuk memberi tunjangan kepada guru. Sebab ada keterkaitan antara jumlah guru tersertifikasi dengan penyaluran dana tunjangan profesi.  

Perubahan infrastruktur yang segera disikapi dengan pembaruan data pada Dapodik juga dapat memberi rujukan, misalnya, berapa jumlah perpustakaan yang diperlukan suatu daerah.

Thamrin menekankan, kebijakan Dapodik yang diterapkan secara berjenjang dari Pusat ke Provinsi hingga Kabupaten/Kota hendaknya juga diteruskan ke sekolah. “Jika ada Rapat Koordinasi dengan Kepala Sekolah, jangan henti-hentinya mengingatkan soal ini,” tegasnya.

Training of Trainer bagi operator Dapodik angkatan III resmi dibuka oleh Thamrin Kasman. Acara berlangsung pada 22-24 Juli 2013.

sumber : (http://118.98.166.62/content/berita/utama/multifungsi-dapodik.html)

Senin, 05 Agustus 2013

JADWAL PLPG 2013 RAYON 115 UNIVERSITAS NEGERI MALANG



PLPG di Rayon 115 Universitas Negeri Malang akan dilaksanakan selama 9 tahap mulai tanggal 26 Agustus 2013. Berikut ini rencana pembagian tahapan pelaksanaannya:

Tahap Tanggal Bidang studi / matapelajaran
1 26 Agustus – 4 September 2013 Guru Kelas TK, Guru Kelas SD, Guru Kelas SLB, PKN SMP, Bahasa Inggris SD, Biologi SMA/SMK, Fisika SMA, Penjaskes SD, TIK SMP/SMK, Seni Budaya SD/SMP
2 5 September – 14 September 2013 Guru Kelas TK, Guru Kelas SD, Guru Kelas SLB, Kewirausahaan SMA/SMK, Geografi SMA, Sejarah SMA/SMK, PKN SMA/SMK, Bahasa Inggris SD/SLB/SMP, Kimia SMA, Penjaskes SD, Tek. Komputer & Informasi (RPL + Multimedia + Animasi) SMP/SMA/SMK, Seni Budaya SMP
3 15 September – 24 September 2013 Guru Kelas TK, Guru Kelas SD, Guru Kelas SLB, Pemasaran SMK, Akuntansi SMP, Bahasa Indonesia SMP, Bahasa Inggris SMP, Fisika SMK, Matematika SMP, Penjaskes SD, KKPI SMK, Seni Budaya SMP
4 25 September – 4 Oktober 2013 Guru Kelas TK, Guru Kelas SD, Guru Kelas SLB, Administrasi Perkantoran SMK, Pemasaran SMK, Akuntansi SMA/SMK, Bahasa Arab SMA/SMK, Bahasa Inggris SMP, Bimb. Konseling SMP, Matematika SMA/SMK, Penjaskes SD/SLB, Tek. Elektronika (Tek.Elektronika Industri + Tek. Audio-Video) SMP/SMK, Tek. Komputer & Jaringan SMP/SMK
5 5 Oktober – 14 Oktober 2013 Guru Kelas TK, Guru Kelas SD, Pemasaran SMK, Bahasa Inggris SMP, Bimb. Konseling SMP, Kimia SMK, Teknik Kimia (Kimia Analisis + Kimia Industri) SMK, Penjaskes SMP, Tek. Mesin (Tek. Pemesinan + Tek. Pengelasan + Tek. Pemeliharaan Mekanik Mesin) SMK, Tek. Kendaraan Ringan SMK, TIK SMP
6 16 Oktober – 25 Oktober 2013 Guru Kelas TK, Guru Kelas SD, Pemasaran SMK, IPS SMP, Bahasa Indonesia SMA/SMK, Bahasa Inggris SMP, Bimb. Konseling SMP, Penjaskes SMA/SMK, Tek. Kendaraan Ringan SMK, Tek. Instalasi Tenaga Listrik SMK, Seni Budaya SMA/SMK
7 26 Oktober – 4 Nopember 2013 Guru Kelas TK, Guru Kelas SD, IPS SMP/SMK, Bahasa Inggris SMA/SMK, IPA SMP, Tek. Mesin (Tek. Pemesinan + Tek. Pengelasan + Tek. Pemeliharaan Mekanik Mesin) SMK, Tek. Otomotif (Tek. Kendaraan Ringan + Tek. Sepeda Motor) SMK
8 6 Nopember – 15 Nopember 2013 Guru Kelas TK, Guru Kelas SD, Bahasa Inggris SMK, Bimb & Konseling SMA, IPA SMP/SMK
9 16 Nopember – 25 Nopember 2013 Guru Kelas TK, Guru Kelas SD, Bahasa Inggris SMK, Bimb & Konseling SMK, Tata Boga SMP/SMA/SMK, Tata Busana SMP/SMK

Yang perlu diperhatikan adalah sebagai berikut :
  1. Daftar peserta dan lokasi masing-masing peserta akan kami umumkan 7 sampai 10 hari sebelum pelaksanaan tahapan (melalui surat kepada Dinas Pendidikan dan juga di-posting di situs web ini). Kami memang tidak menayangkan nama peserta secara lengkap 9 tahap karena bisa jadi perubahan (misal karena ada yang sakit sehingga mundur, karena ada keperluan sehingga tahapnya berubah, atau perubahan lain yang mendadak). Ini bisa menimbulkan terlalu banyak ralat atau surat susulan yang justru membingungkan peserta. Harap tidak menanyakan daftar nama untuk tahap yang akan datang, atau menanyakan namanya ada di tahap berapa.
  2. Apabila ada yang berhalangan, harap segera memberitahukan melalui surat/tertulis kepada kami dengan diketahui Kepala Sekolah atau Dinas Pendidikan dan dilampiri bukti yang mendukung. Tanpa surat berarti kami anggap mundur dan tidak akan dipanggil lagi. Surat bisa dikirimkan melalui pos atau dikirim melalui faximile (alamat dan nomornya ada di ujung kanan atas halaman ini). Usahakan sebelum ada panggilan sudah memberitahukan kepada kami agar tidak terjadi hal yang merugikan (misalnya mapel itu sudah tidak diadakan lagi sehingga terpaksa harus ikut tahun berikutnya).
  3. Pengelompokan peserta didasarkan pada hasil UKG, dimulai dari nilai UKG yang lebih rendah ke lebih tinggi. Dengan demikian tidak bisa diprediksi berapa orang dari kabupaten X pada setiap tahap. Penentuan peserta tidak berdasar pada usia, status PNS/bukan, sekolah negeri/swasta, atau kecamatan asal.
  4. Pada setiap tahap, ada undangan kepada Dinas Pendidikan setempat yang juga mencantumkan persyaratan yang harus dibawa. Harap membaca persyaratan yang harus dibawa agar tidak menyulitkan pada saat pelaksanaan PLPG. Filenya bisa didownload dari situs ini juga.
  5. Ada peserta dari wilayah PSG 115 yang dialihkan ke PSG lain. Pengalihan ini adalah dari BPSDMP-PMP, bukan kami yang menentukan. Selanjutnya adalah tanggungjawab PSG yang bersangkutan untuk mengundangnya dan seterusnya sampai pencetakan sertifikat.
  6. Lain-lain menyusul (kalau ada pertanyaan yang penting untuk diketahui bersama)
sumber: http://psg15.um.ac.id/
Loading

 
Design by Dian Cakra Wiyatama