Kamis, 04 September 2014

SOLUSI JIKA MENGALAMI DATA GANDA PADA PESERTA DIDIK MAUPUN PTK



PEMAHAMAN SATU
1] PD Ganda : Hapus Data Periodik Dan Regitrasi PD Gandanya
2] PTK Ganda : Hapus Penugasan PTK yang gandanya
3] SARPRAS Ganda : Hapus Periodik Kondisi Sarprasnya
4] ROMBEL Ganda : Keluarkan Anggota Rombel dan Pembelajarannya
Biarkan Menjadi Invalid...
Lakukan Singkronisasi...
Biarkan Server Yang Clean Up...
Cek Data Di Progres...
Generate Dan Unduh Prefill...
Instal Ulang Dapodik Pake Prefill Baru.
Semoga Jadi Solusi.
=================================================================
PEMAHAMAN DUA
Jika di aplikasi pada Tab PD maupun PTK ada yang dobel, maka langkah sementara adalah:
1. Keluarkan dari rombel (jika di rombel dobel)
2. Hapus registrasi bagi PD dan hapus penugasan bagi PTK
3. Hapus Periodik PD dan Rincian PTK
4. Biarkan merah (tidak teregistrasi di tab utama)
Kemudian lakukan syncronisasi, jangan lupa pastikan di progres pengiriman hasil syncron di cek...

Apakah masih dobel atau tidak tentang PD dan PTK yang dimaksud?
Jika tidak dobel berarti pekerjaan anda selesai namun sebaliknya jika masih terbaca dobel di progres maka lakukan :
1. Generate Ulang dan unduh prefill terbaru
2. INUL aplikasinya
3. lakukan regsitrasi ulang
Pastikan PD dan PTK dobel dicek kembali sesuai urutan di atas...

CONTOH BUKU NILAI SISWA KURIKULUM 2013




Hanya sekedar share contoh buku nilai / penilaian untuk siswa pada kurikulum 2013
klik disini untuk men download contoh buku nilai siswa kurikulum 2013

HAL YANG SEBAIKNYA DILAKUKAN PADA WAKTU DAN SETELAH SYNCRON DAPODIKDAS 2014



Rata rata bagi yang belum tahu atau kurang informasi biasanya setelah proses sycron itu mentang ada keterangan sudah selesai syncron dan ada waktu mulai serta selesai syncron dianggapnya sudah beres.. padahal sebaiknya :
1. cek apakah tabel perubahan data lokal (di aplikasi) sukses terkirim semua..
2. adakah data yg dari server masuk ke lokal
3. adakah referensi dari server masuk kel lokal
4. kemudian cek progres (gak perlu nanya linknya orang sudah disediakan di aplikasinya) cek data anda sudah masuk apa belum..
5. setelah nunggu mungkin 1 jam atau mungkin bisa 1 hari gimana amal2an he.he.he. anda harus login ke verval nisn utk melakukan proses verval PD sampai tahap akhir/sampai tahap konfirmasi. kalau data PD baru sUdah masuk ke server PDSP pasti ada yg masuk ke menu residu.. lakukan verval disana sampai beres kemudian jangan lupa nanti konfirmasi..
6. ya nunggu lagi 1-2 harian kemudian syncron lgi dapodikdasnya (walaupn tidak ada data perubahan di lokal) kenapa harus syncron lgi, supaya data NISN di pdsp bisa masuk ke aplikasi.

Rabu, 03 September 2014

CARA EDIT NAMA ATAU TANGGAL LAHIR PTK YANG SALAH



SALAH NAMA ATAU TTL PTK ?
Ada beberapa solusi, silahkan dipilih dan dipertimbangkan :
1. PTK yg salah di registrasi keluar dengan alasan lainnya, kemudian entry ulang ( hal ini tidak beresiko krn data di tab PTK / PD keluar tidak ikut terangkat ke server ketika proses sync )
2. Menggunakan tools / program untuk meng edit ( bagi pemula ini sangat beresiko, krn dlm database dapodik menggunakan sistem sync dimana utk dasar proses sync adalah perbandingan time /waktu dan id di aplikasi laptop dibandingkan dengan data di server. sehingga bagi yg merubah menggunakan tools hrs memahami last up date data )
3. Lewat VERVAL PTK ( oleh OPS Dinas ). hal ini sangat mudah dan tidak beresiko serta RESMI. perbaikan lwt vervaltpk, nnt jk proses verval ptk sdh OK, tinggal tggu 1x24 jam trs lakukan sync, maka perubahan data akan masuk ke lokal aplikasi
terimakasih, semoga membantu

Selasa, 02 September 2014

Link Cek Lembar Info Tunjangan PTK



BIASAKAN MEMBACA DULU BARU BERKOMENTAR ATAU BERTANYA !!
[KALO NGA KELUAR NOMORNYA BERARTI BELUM DI PANGGIL]
WORO WORO UNTUK SELURUH GURU DIKDAS (SD, SMP, SLB) KHUSUSNYA BAGI GURU BUKAN PNS YANG BELUM MEMILIKI SK INPASING DAN SUDAH MEMILIKI SERTIFIKAT PENDIDIK
LEMBAR INFO PTK SUDAH DALAM PROSES MENGAMBILAN DATA HASIL SINKRONISASI DAPODIK
LEMBAR INFO PTK SUDAH MENYAJIKAN DAFTAR NOMOR PANGGIL PTK YANG MASUK DALAM PROSES PEMBERKASAN KESETARAAN PANGKAT DAN JABATAN GURU BUKAN PEGAWAI NEGERI SIPIL (GBPNS) ATAU YANG LEBIH FAMILIAR INPASING
SILAHKAN LOGIN BAGI YANG INGIN MENGETAHUI APAKAH MASUK PADA PERIODE CETAK TAHAP 1 DENGAN LOGIN NRG (NOMOR REGISTRASI GURU) JELAS BERARTI PERIODE AWAL ADALAH BAGI GURU YANG SUDAH BERSERTIFIKAT PENDIDIK
UNTUK LEBIH JELAS NYA IKUTI ALUR GAMBAR BERIKUT
1. MASUK KE LINK LEMBAR INFO PTK DI
atau ke
2. BAGI GURU BERSERTIKAT PENDIDIK YANG INGIN MENGETAHUI DAFTAR NOMOR PANGGIL SILAHKAN LOGIN MENGGUNAKAN NRG
3. PRINT LEMBAR IDENTITAS PENGUSUL (LIP) LALU LENGKAPI BERKAS SESUAI DENGAN YANG DI SYARATKAN SETELAH ITU KIRIM BERKAS KE ALAMAT
Alamat Pengiriman Berkas disampaikan kepada :
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan
u.p. Direktur Pembinaan PTK Dikdas, Ditjen Dikdas Kemdikbud
dengan alamat: PO Box 1316 JKS 12013
INGAT BERKAS YANG KAMI TERIMA UNTUK DI PROSES HANYA YANG SUDAH MELAMPIRKAN LEMBAR IDENTITAS PENGUSUL (LIP) DAN HANYA DIKIRIM MELALUI ALAMAT YANG SUDAH TERTERA

Senin, 01 September 2014

PENGAJUAN NUPTK BARU TAHUN 2014 BAGI GURU PNS DAN NON PNS



INFO AJUAN NUPTK BARU 2014 Kepada Pengguna Yth. Untuk saat ini ajuan NUPTK baru (S06) di Padamu Negeri dapat diproses bagi Pendidik yang berstatus PNS/CPNS. Adapun bagi yang Non PNS dijadwalkan akan dibuka lagi dalam bulan September 2014 menunggu aturan dan persyaratan terbaru kebijakan dari BPSDMPK PMP Kemdikbud yang masih dalam proses final saat ini. Pastikan telah Cetak Kartu Identitas PTK dan segera update data portofolio Anda hingga Semester 1 Tahun Pelajaran 2014/205 saat ini. Sistem Padamu Negeri akan memproses seleksi secara otomatis berdasarkan data portofolio individu untuk diberi hak akses modul ajuan NUPTK baru periode 2014 di login PTK masing-masing. Demikian informasi dari kami, terima kasih atas perhatian dan kerjasamanya. Salam Padamu Negeri Indonesiaku, Admin Pusat BPSDMPK PMP Kemdikbud

KASUS KELAS 6 YANG SUDAH REGISTRASI KELUAR TAPI SALAH NAMA ATAU TANGGAL LAHIR



EDISI STUDY KASUS
- ada NISN anak kls 6 salah nama / ttl
- padahal akan ditulis di Ijasah
- mau di betulkan lwt vervalpd sdh tidak mngkin krn sudah tidak ada di tab referensi, mengapa tidak ada ? krn di dapodik sdh di luluskan dan sdh di sync kan
- mau edit dari dapodik ? tidak mngkin krn nama dan ttl di lock
- mau dngan cara ditambhkan ke tab PD ? registrasine lwt apa ? NNT MALAH KONFLIK dngan data yg sdh di server
terus solusine bagaimana ??????
ada 3 alternatif :
1. batalkan data anak yg bermasalah ( yg ada di tab PD KELUAR ) pilih anak yg bermalah saj,
- stelah anak tsbt kembali ke tab PD , msukkan kls 6,
- sinkronkan ..... tunggu pling cpt 24 jam masuk ke verval, edit di verval dan konfirmasi ..... stelah 24 jam sync lagi -- agar NISN nya msuk ke lokal
- stelah msuk kelokal, keluarkan / luluskan lagi anak tsbt dan synkronkan
- selesei
RESIKO : nunggu masuk ke verval-masuk ke lokal bisa berhari-hari, data bentrok di aplikasi, data bentrok di server verval
2. KOSONGI NISN di Ijasah, koordinasi dengan OPS SMP, biarkan di verval OPS SMP stelah NISN valid, baru ditulis NISN nya
RESIKO : sy kira ndk ada resiko, pling cm OPS SMP ne sing nggrundel
3. Menghubungi pihak PDSP ( yg skrng lg super sibuk ) dan mengutrakan problem nya ( ditanggapi atau tidak saya kurang tahu )
silahkan pilih pilihan diatas dengan segala resiko dan konsekwensinya , KARENA MENURUT SY KASUS ITU ADALAH AKIBAT DOSA DI MASA LALU

Cara Mengetahui Apakah Hasil Sync Berhasil Atau Tidak



Repost Cara Mengetahui Apakah Hasil Sync Berhasil Atau Tidak.
1] Setelah Sincron Selesai App Menampilkan Info Keberhasilan Singkronisamsi. Cek Juga Info Syncnya.
2] Periksa Log Singkronisasi Apakah Sudah Tercatat Waktu Mulai Dan Waktu Selesainya
3] Cek http://dapo.dikdas.kemdikbud.go.id/exreport apakah sudah tercatat waktu mulai sync
4] Klik Nama Sekolah apakah periode 20141 Sudah Ada,
5] Masukan Koreg. Cek Log Sync,Data Sekolah, PD, PTK, Rombel dan Sarpras Sudah Sesuai Di Aplikasi.
6] Jika Masih Kurang Yakin. Silahkan Generate Prefill, Unduh Prefill nya Dan Instal Ulang Dapodik Pakai Prefill Itu.
Sekian. Mohon Koreksi Jika ada pemahaman yg Keliru.

LAMPIRAN YANG HARUS DISERTAKAN DALAM PERUBAHAN DATA VERVAL NISN



Dokumen Perubahan yang dilampirkan saat mengajukan perubahan baik itu perubahan NISN ataupun Nama dan Tanggal Lahir di Menu Edit Data Verval PD, mohon untuk tidak mengirimkan hasil capture/scan /printscreen dari tampilan website Arsip NISN (nisn.data.kemdikbud.go.id), capture dari Aplikasi Dapodik, capture tabel pendataan/Absensi siswa di sekolah, capture foto siswa, atau dokumen lainnya yang tidak bisa dijadikan pendukung atas perubahan yang diajukan. Mohon mengirimkan dokumen yang sesuai dengan permohonan yang diajukan, seperti scan Ijazah, SKHUN, atau Kartu NISN (untuk permohonan perubahan NISN), dan Akte Kelahiran/Kartu Keluarga/Surat Keterangan lahir (untuk permohonan perubahan Nama dan tanggal lahir). Supaya lebih jelas dan mempermudah proses persetujuan kami, scan dokumen yang dikirimkan baiknya adalah hasil scan dari dokumen asli (bukan scan dari fotokopi dokumen). Terima Kasih. ****** Revisi: Scan Fotokopi Dokumen yang telah di legalisir oleh kepala sekolah dan di bubuhi stempel basah bisa di ajukan sebagai berkas pengajuan.
Sumber : Admin PDSP ( Mursid Triasmanto )

Kesimpulan

Dokumen Yang Dapat Digunakan Untuk Pengajuan Perubahan Data Siswa Adalah :
1] Hasil Scan Akte Kelahiran Asli / Atau Surat Keterangan Kelahiran
2] Hasil Scan Surat Keterangan Yg Sudah Ditanda tangani dan Distampel
3] Hasil Scan Jika Berupa Fotocopy Maka Fotocopy Yang Sudah Dilegalisir

SYARAT SAH NISN YANG DITULIS DIIJAZAH






Data siswa kita sudah diverifikasi dan divalidasi serta dikonfirmasi
maka data siswa tersebut akan cocok di 3 lini data NISN yaitu : 
1. vervalpd.data.kemdikbud.go.id
2. nisn.data.kemdikbud.go.id
3. referensi.data.kemdikbud.go.id

HARUSNYA, NISN YANG DITULIS DIIJAZAH SUDAH SEPERTI ITU
Loading

 
Design by Dian Cakra Wiyatama