Jumat, 05 September 2014

LANGKAH / CARA HAPUS DATA DI APLIKASI DAPODIKDAS



Cara hapus data di aplikasi dapodikdas itu sebenernya kebalikan dari alur entry data. Kalau entry/masukan data berarti alur maju, nah kalau menghapusnya berarti alur mundur.
Contoh hapus prasarana kan alur entrnya sperti ini:
- tambah prasrana kemudian pilih sarana dan kasih nama prasarana tersebut dan pilih status kepemilikan kemudian save.
- setelah itu input kondisi alias data periodik dan save.
- setelah itu di prasarana tersebut isi sarana, alat dan buku, ngisi sarana alurnya sama dng prasarana.
nah hapusnya kebalikan dari alur entri data: (hapunya bukan angka tapi klik menu 'hapus')
berarti hapus dulu data periodik sarana, save, terus hapus jenis sarananya, kemudian hapus buku & alat periodiknya dan jenis buku dan alatnya. Terus hapus periodik prasaran/kondisi prasarana, save baru hapus jenis prasarananya. Catatan jika prasarana tersebut sudah digunakan untuk rombel / sudah diatur di rombel otomatis harus di hapus dulu rombelnya. Dan menghapus rombel tersebut juga harus sesuai alur mundur tersebut.
BEGITUPUN HAPUS DATA YG LAIN
Entry = Alur maju
hapus = Alur mundur
nah catatan kan ada data yg ada dta periodiknya di tahun pelajaran sebelumnya.. nah anda harus login ke tahun pembelajran sebelumnya lakukan hapusnya alur mundur pula.. 2014/2015 ganjil > 2013/2014 genap, terakhir hapusnya di periode ganjil 2013/2014.
nah yg jdi masalah yg masih nyangkut data periodik di periode 2012/2013 itu pasti ga bisa dihapus.. (terus solusinya) kan solusi sementaranya udeh disampaikan sebelumnya:
- utk PD (Peserta Didik) hapus registasinya bila perlu hapus jga data periodiknya dan jng dimasukan rombel (di menu registasi ada menu hapus)
- utk PTK hapus penugasannya (di menu penugasan)
- utk prasarana atau sarana lakukan dulu langkah2 di atas tpi kalau sdah mentok abaikan dulu.. mungkin nanti di aplikasi semester genap 2014/2015 dibuka login periode 2012/2013
Kesimpulan:
Kalau tahu dan mengerti alur/tahapan entry data pasti faham pula cara hapusnya..

0 komentar:

Posting Komentar

Loading

 
Design by Dian Cakra Wiyatama