Senin, 18 Juni 2012

BLANKO / FORMAT / INSTRUMEN AKREDITASI SEKOLAH


Penilaian Akreditasi Sekolah yang rencananya akan dilaksanakan pada tanggal 16 sampai 18 Juli mendatang memang perlu persiapan yang sangat ekstra guna mempersiapkan segala keperluan atau kebutuhan dalam proses akreditasi sekolah. Di lingkup UPT TK dan SD Kecamatan Ngadirojo, pada tahun ini ada 10 (sepuluh) Lembaga SD dan 1 (satu) lembaga TK yang akan melaksanakan akreditasi. Blanko / format atau Instrumen akreditasi sekolah yang akan diisi nanti akan terdapat banyak sekali hal-hal yang sangat penting. Adsministrasi lembaga adalah hal yang utama dalam proses penilaian ini. Masih ada waktu sekitar 1 (satu) bulan untuk mempersiapkan segala administrasi yang harus dipersiapkan. Berikut ini ada beberapa instrumen akreditasi yang dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan. Instrumen akreditasi sekolah dasar dan madrasah ini kami lansir dari Badan Akreditasi Nasional Sekolah / Madrasah.

File-file yang bisa diunduh untuk Perangkat Akreditasi SD/MI


PERINGATAN...!!!
Sekolah/Madrasah, Yayasan, dan Lembaga Pendidikan, harap waspada terhadap kemungkinan penipuan dalam bentuk tawaran program atau kegiatan apapun yang mengatas namakan Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah (BAN-S/M). Laporan/Pengaduan dialamatkan : e-mail : info@ban-sm.or.id, atau ke Badan Akreditasi Provinsi Sekolah/Madrasah (BAP-S/M) provinsi yang bersangkutan. (himbauan dari BAN SM)

Sabtu, 16 Juni 2012

PELANTIKAN DAN SERAH TERIMA JABATAN KEPALA SEKOLAH

Ngadirojo - Jum'at, 15 Juni 2012 di Kantor UPT TK dan SD Kecamatan Ngadirojo telah dilaksanakan acara Pelantikan dan Serah Terima Jabatan Kepala Sekolah Baru. Ada satu kepala sekolah yang masa jabatannya sudah habis dan ada beberapa kepala sekolah yang purna tugas alias pensiun. Pelantikan dilaksanakan cukup singkat dan simbolis karena mengingat waktunya juga tidak banyak karena pelantikan dilaksanakan tepat hari jum'at dengan jam kerja sampai pukul 11.00 WIB.

Adapun kepala sekolah promosi dan kepala sekolah mutasi dalam pelantikan ini, berikut rinciannya.

1. SDN Wonodadikulon II
dari 
SUGENG BAHTIYAR, S.Pd.
SDN WONODADIKULON II
kepada
HERY SUBAGYO, S.Pd.
SDN WONOASRI II

2. SDN Wonodadikulon III
dari
MASKURI, S.Pd.
SDN WONODADIKULON III
kepada
SUMARDI, S.Pd.
SDN BODAG II

3. SDN Wonodadiwetan I
dari
SUKEMI, S.Pd.
SDN WONODADIWETAN I
kepada
SUGENG BAHTIAR, S.Pd.
SDN WONODADIKULON II

4. SDN Wonodadiwetan II
dari
SUCIPTO, S.Pd.
SDN WONODADIWETAN II
kepada
WIWIK WINARNI, S.Pd.
SDN PAGEREJO I

5. SDN Hadiwarno I
dari
SARPONO, S.Pd.
SDN HADIWARNO I
kepada
SUCIPTO, S.Pd.
SDN WONODADIWETAN II

6. SDN Nogosari I
dari
SAJURI, S.Pd.
SDN NOGOSARI I
kepada
SUPRIYANTO, S.Pd.
SDN WONOSOBO II

7. SDN Wonosobo II
dari
SUPRIYANTO, S.Pd.
SDN WONOSOBO II
kepada
SUMARNO, S.Pd.
SDN WONOKARTO III

Berikut dokumentasi pelaksanaan pelantikan dan serah terima jabatan kepala sekolah :


















 

Jumat, 15 Juni 2012

HASIL NILAI UJIAN NASIONAL (UN) TINGKAT SD TAHUN PELAJARAN 2011/2012

Hasil Perolehan Nilai Ujian Nasional Tingkat SD Kec. Ngadirojo Kab. Pacitan Tahun Pelajaran 2011/2012. Berikut kami rangkum 10 nilai tertinggi dan 10 Nilai Terendah
Nilai UN tertinggi kab. Pacitan dari SDN Purworejo kec. Pacitan dan untuk di kec. Ngadirojo dari SD Islam Nurul Yaqin

Kamis, 14 Juni 2012

DOWNLOAD CONTOH SILABUS DAN RPP SD SEMUA MATA PELAJARAN


Silabus dan RPP adalah bagian penting dari seluruh proses pembelajaran. Selain hal tersebut juga ada Prota, Promes dan lain-lain. Membuat RPP adalah suatu hal wajib bagi semua pengajar dalam melaksanakan proses pembelajaran dimana RPP digunakan sebagai acuan dasar untuk melakukan kegiatan pembelajaran. Tapi pada kenyataannya, tidak sedikit dari pengajar tidak membuat RPP tersebut. 
Pernah ada cerita tentang seorang guru yang telah mengikuti PLPG tetapi ketika selama kegiatan PLPG guru tersebut tidak bisa membuat RPP. Memang sulit bagi yang belum terbiasa, namun mudah bagi yang memahami. 
Di bawah ini ada beberapa reverensi atau contoh tentang Silabus dan RPP untuk SD (Sekolah Dasar) kelas 1 sampai dengan kelas 6, yang bisa didownload secara gratis. 

Rabu, 13 Juni 2012

PILAR PENDIDIKAN KARAKTER


Pendidikan karakter yang utuh dan menyeluruh menawarkan beberapa alternatif pengembangan keutamaan untuk membentuk karakter individu menjadi pribadi berkeutamaan. Adapun 12 pilar keutamaan pendidikan karakter diantaranya :
1.  Penghargaan terhadap tubuh
Memprioritaskan tentang bagaimana  individu dapat menjaga tubuhnya satu sama lain, tidak merusak. Individu mesti menumbuhkan dalam dirinya sendiri keinginan untuk merawat tubuh diri dan orang lain, termasuk pertumbuhan psikologis dan emosionalnya
2.  Transendental
Pengembangan keutamaan transendental, baik itu yang sifatnya religius, keagamaan maupun yang sublime, seperti kepekaan seni, apresiasi karya-karya manusia yang membangkitkan refleksi serta kemampuan untuk memahami kebesaran yang Illahi.
3.  Keunggulan akademik
Keunggulan akademik mencakup di dalamnya, cinta akan ilmu, kemampuan berfikir kritis, teguh pada pendirian, mengembangkan rasa kepenasaranan intelektual yang menjadi kunci serta pintu pembuka bagi hadirnya ilmu pengetahuan.
4.  Penguasaan diri
Penguasaan diri merupakan kemampuan individu untuk menguasai emosi dan perasaannya, serta menundukkan seluruh dorongan emosi itu pada tujuan yang benar selaras dengan panduan akal budi.
5.  Keberanian
Keberanian merupakan keutamaan yang memungkinkan individu mampu melakukan sesuatu dan merealisasikan apa yang dicita-citakannya. Keberanian termasuk di dalamnya kesediaan untuk berkorban demi nilai-nilai yang menjadi prinsip hidupnya, tahan banting, gigih dan kerja keras.
6.  Cinta kebenaran
Cinta akan kebenaran merupakan dasar pembentukan karakter yang baik, bukan sekedar sebagai seorang pembelajar, melainkan juga sebagai manusia.
7.  Terampil
Memiliki berbagai macam kompetensi dengan ketrampilan yang dibutuhkan, bagi perkembangan individu maupun dalam kerangka pengembangan profesional menjadi syarat utama pengembangan pendidikan karakter yang utuh.
8.  Demikratis
Masyarakat global hidup dalam kebersamaan dengan orang lain. Demokrasi mengandaikan bahwa individu memiliki otomoni dalam kebersamaan untuk mengatur kehidupannya, sehingga individu dapat bertumbuh secara sehat dalam kebersamaan.
9.  Menghargai perbedaan
Menghargai perbedaan merupakan sikap foundamental yang mesti ditumbuhkan di dalam diri individu, menghargai perbedaan mesti dituhbuhkan dalam diri tiap individu
10. Tanggung jawab
Tanggung jawab merupakan unsur penting bagi pengembangan pendidikan karakter karena terkait dengan ekspresi kebebasan menusia terhadap dirinya sendiri dan dengan orang lain.
11. Keadilan
Didalam konteks hidup bersama, keadilan bagi jiwa sebuah tatanan masyarakat yang sehat, manusiawi dan bermartabat. Tanpa keadilan, banyak hak hak orang lain dilanggar.
12. Integritas moral
Integritas moral merupakan sasaran utama pembentukan individu dalam pendidikan karakter. Integritas moral termasuk di dalamnya kemampuan individu untuk membuat kebijakan praktis yang bermakna bagi hidupnya sendiri dan orang lain.

GAJI KE-13 PNS MUNDUR, CAIR DI BULAN JULI ATAU AGUSTUS 2012


Pencairan Gaji ke-13 yang direncanakan Juni, mundur sampai bulan Juli atau Agustus. Berita ini di rilis oleh Kementerian Keuangan Republik Indonesia.

Sekretaris Jenderal Kemenkeu Kiagus Ahmad Badaruddin menyatakan, Menteri Keuangan baru menyelesaikan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) terkait pencairan gaji ke-13 oleh Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN)

"Sedang kita susun PMK, mungkin sudah jadi karena sudah beberapa hari yang lalu, jadi ada PP lalu ada PMK untuk memerintahkan kepada Kepala KPPN dan kuasa pengguna anggarannya secara teknis ngaturnya bagaimana," ujarnya ketika ditemui di Kantor Kemenkeu, Jalan Wahidin Raya, Jakarta, Rabu (13/6/2012).

Dengan demikian, diharapkan bagi PNS, TNI/Polri dapat menikmati bonus tahunannya itu pada bulan Juli atau Agustus, lanjut Badaruddin.

"Kalau gaji bulan Julinya sempat ya boleh tapi di belakang itu juga boleh, tapi kita usahakan bulan Juli bisa dibayar karena itu bersamaan waktunya dengan masuk sekolah anak-anak," ujarnya.

Pemberian gaji ke-13 ini, juga bersamaan dengan pemberian pensiun ke-13. "Pensiun juga dapat, Juli-Agustus bisa cair," pungkas beliau.

PEMERINTAH MEMBUKA ( TES ) SELEKSI CPNS BARU UNTUK UMUM ( 13.873 CPNS BARU DIBUTUHKAN )


Jakarta - Pemerintah kembali membuka seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Kali ini untuk pelamar umum. Izin prinsip kuota formasi CPNS baru yang diusulkan instansi pusat dan daerah sudah disahkan. Pendaftaran dilakukan Juli, sedangkan tes dihelat pada minggu ketiga Agustus.
Wakil Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Wamen PAN-RB) Eko Prasojo mengatakan, pihaknya telah menyetujui izin prinsip kuota formasi. Izin tersebut ditetapkan untuk 17 Instansi pemkab-pemkot, 3 instansi pemprov dan 22 instansi pusat.
Kuota CPNS bari dari pelamar umum yang sudah ditetapkan untuk instansi daerah sebanyak 1.904 kursi. Sedangkan kuota untuk instansi pusat 11.733 kursi. Selain itu, ada kuota CPNS baru untuk seleksi ulang di Kabupaten Kubu Raya, Kalbar, sebanyak 236 kuris. Jadi, total ada 13.873 kursi CPNS baru.
Eko (Wamen PAN-RB) menegaskan, pengalokasian kuota itu tidak main-main. Kuota tersebut didistribusikan untuk formasi tenaga pendidik atau guru, tenaga kesehatan, dan tenaga mendesak lain, misalnya sipir tahanan. Selain itu, di instansi pusat kuota tersebut juga dialokasikan untuk mengisi pos CPNS ikatan dinas. Posisi atau pos pekerjaan itu terbebas dari kebijakan moratorium CPNS baru.
Kemen PAN-RB bersama konsorsium sepuluh perguruan tinggi negeri (PTN) mulai membuka pendaftaran CPNS baru formasi pelamar umum. Perincian teknis akan kami rapatkan tanggal 13 Juni 2012. Ada beberapa hal yang akan dirembuk dengan konsorsium itu. Antara lain, sisi teknis pembuatan soal ujian, pengadaan soal, pengawasan, pelaksanaan, pemantauan, pemeriksaan naskah jawaban, hingga pengumuman hasil ujian.
Pengumuman hasil ujian CPNS tahun ini diambil alih panitia pusat. Yakni, Kemen PAN-RB dan Konsorsium sepuluh PTN. Cara itu mengubah sistem lawas yang memasrahkan pengumuman kepada setiap instansi pusat maupun daerah. Sistem lama tersebut cenderung rawan manipulasi karena instansi berpeluan mengubah ketetapan hasil ujian. Pemerintah juga akan menggandeng sejumlah LSM (Lembaga Swadaya Masyarakat).
Keterlibatan LSM diharapkan mampu menekan kerawanan kolusi. Selama ini, banyak dugaan bahwa CPNS yang lulus adalah titipan dari kerabat pejabat dan pejabat itu sendiri. Eko juga mengharapkan media massa ikut mengontrol pelaksanaan seleksi CPNS. (jawa pos)

Selasa, 12 Juni 2012

MENATA ULANG PAUD



Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) terus berkembang di Indonesia. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akan menata lembaga PAUD. Lembaga yang resmi akan mendapat bantuan, yang belum resmi tidak mendapat bantuan.
"Jika bantuan diberikan tanpa ada kejelasan status, kementerian khawatir hal itu akan memicu terjadinya penyimpangan," kata Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh, saat menghadiri puncak gebyar PAUD, di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta.
Kebijakan tersebut penting untuk menjamin akses dan mutu PAUD yang tumbuh di atas pertisipasi masyarakat. Lembaga PAUD harus ditata, karena Pemerintah hanya akan memberikan bantuan pada institusi PAUD yang resmi, dan jelas keberadaanya, serta pelaksanaanya.
"Kita harus membantu mekanisme penataan lembaga PAUD sesederhana mungkin. Lakukan penataan agar lembaganya menjadi resmi," kata Nuh.
Soal tutor pendamping, dan guru TK yang berpartisipasi dalam proses belajar mengajar PAUD, kedepan akan diatur dalam Undang-undang (UU) Guru dan Dosen. Akan disiapkan standarnya, bukan sekadar dari kualifikasi pendidikan, tapi juga kompetensinya.
Kebijakan yang terkait dengan konten, isi dan bahan ajar. Kurikulum PAUD jelas tidak sama dengan kurikulum yang ada pada pendidikan dasar. Esensi PAUD merupakan sambungan neuron neuron synapse yang terdapat dalam sel otak.
"Jadi, sangat penting jika kegiatan dalam PAUD diisi dengan kegiatan yang merangsang reaksi fisik dan pengenalan lingkungan. Kurikulum PAUD harus ditata ulang. Sebab, PAUD bukan untuk memperkuat basis kognitif, tetapi lebih kepada menyiapkan sel-sel neuron dengan berbagai pergerakan fisik," katanya.
"Misalnya, PAUD akan mengajarkan tentang keTuhanan, interaksi sosial dan sebagainya. Suasana belajar yang menyenangkan, tapi semua harus seuai porsi dan keadaan, jika tidak nanti bisa stress. Kebijakan lainya, ketersediaan sarana dan prasarana. Tidak harus membangun gedung, karena kelas-kelas PAUD hanya sekitar 10-20 anak di setiap kelasnya," kata M.Nuh.

Senin, 11 Juni 2012

PEMAKAIAN BAJU BATIK PADA INSTANSI

Batik adalah bagian dari seni lukis atau gambar yang diterapkan pada kain. Seni pewarnaan pada kain dengan menggunakan teknik perintang sedangkan pewarnaan menggunakan malam. Tehnik tersebut adalah salah satu bentuk seni kuno. "Di Indonesia, batik dipercaya sudah ada semenjak zaman Majapahit, dan menjadi sangat populer akhir abad XVIII atau awal abad XIX. Batik yang dihasilkan ialah semuanya batik tulis sampai awal abad XX dan batik cap baru dikenal setelah Perang Dunia I atau sekitar tahun 1920-an" (wikipedia). Sejak 2 Oktober 2009, UNESCO telah menetapkan Batik sebagai Warisan Budaya Dunia. Di Ngadirojo Pacitan, batik telah diproduksi dan telah didistribusikan hingga luar pulau Jawa. Masyarakat umum sering menyebut dengan Batik Lorok atau Batik Pacitan.


Di lingkup pendidikan, batik sudah menjadi pakaian wajib pada hari Kamis dan Jum'at terutama untuk kantor Dinas Pendidikan maupun di kantor UPT TK dan SD Ngadirojo (wilayah kecamatan). Di Lembaga Sekolah batik sering digunakan pada hari Jum'at. Sedangkan batik untuk siswa sekolah masih belum diberlakukan. 

Peraturan penggunakan motif pakaian batik ditentukan dari masing-masing dinas setempat. Tapi meskipun demikian, jika ada yang mau memakai motif baju batik yang lain bisa-bisa saja alias tidak ada sanksi.


Sabtu, 09 Juni 2012

10 KESALAHAN MENDIDIK ANAK


Berikut ini beberapa kesalahan yang mungkin Anda tidak sadari terjadi dalam mendidik anak Anda :
1.  Kurang Pengawasan
Anak terlalu banyak bergaul dengan lingkungan semu diluar keluarga, dan itu adalah tragedi yang seharusnya diperhatikan oleh orang tua.
2.  Gagal Mendengarkan
Menurut Psikolog Charles Fay, Ph.D. "Banyak orang tua terlalu lelah memberikan perhatian - cenderung mengabaikan apa yang anak mereka ungkapkan."
3.  Jarang Bertemu Muka
Menurut Billingham, orang tua seharusnya membiarkan anak melakukan kesalahan, biarkan anak belajar dari kesalahan agar tidak terulang kesalahan yang sama.
4.  Terlalu Berlebihan
Menurut Judy Haire, "Banyak orang tua menghabiskan 100 km per jam mengeringkan rambutnya, dari pada meluangkan 1 jam bersama anak mereka."
5.  Bertengkar Dihadapan Anak
Menurut Psikiater Sara B. Miller, Ph.D., perilaku yang paling berpengaruh merusak adalah "bertengkar" dihadapan anak.
6.  Tidak Konsisten
Anak perlu merasa bahwa orang tua mereka berperan. Orang tua harus tegas dan berwibawa dihadapan anak.
7.  Mengabaikan Kata Hati
Menurut Lisa Balch, ibu dua orang anak, "Lakukan saja sesuai dengan kata hatimu. Orang tua seharusnya mempunyai kepekaan yang tajam tentang sesuatu."
8.  Terlalu Banyak Nonton TV
Menurut Neilsen Media Research, anak-anak Amerika yang berusia 2-11 tahun nonton 3 jam dan 22 menit siaran TV sehari. Menonton televisi akan membuat anak malas belajar.
9.  Segalanya Diukur Dengan Materi
Tidaklah salah memanjakan anak dengan mainan dan liburan yang mewah. Tetapi yang seharusnya disadari adalah anak Anda membutuhkan quality time bersama orang tua mereka. Mereka cenderung ingin didengarkan dibandingkan diberi sesuatu dan diam.
10. Bersikap Berat Sebelah
Orang tua kadang lebih mendukung anak dan bersikap memihak anak sambil menjelekkan pasangannya di depan anak.
Loading

 
Design by Dian Cakra Wiyatama