Rabu, 13 Juni 2012

PILAR PENDIDIKAN KARAKTER


Pendidikan karakter yang utuh dan menyeluruh menawarkan beberapa alternatif pengembangan keutamaan untuk membentuk karakter individu menjadi pribadi berkeutamaan. Adapun 12 pilar keutamaan pendidikan karakter diantaranya :
1.  Penghargaan terhadap tubuh
Memprioritaskan tentang bagaimana  individu dapat menjaga tubuhnya satu sama lain, tidak merusak. Individu mesti menumbuhkan dalam dirinya sendiri keinginan untuk merawat tubuh diri dan orang lain, termasuk pertumbuhan psikologis dan emosionalnya
2.  Transendental
Pengembangan keutamaan transendental, baik itu yang sifatnya religius, keagamaan maupun yang sublime, seperti kepekaan seni, apresiasi karya-karya manusia yang membangkitkan refleksi serta kemampuan untuk memahami kebesaran yang Illahi.
3.  Keunggulan akademik
Keunggulan akademik mencakup di dalamnya, cinta akan ilmu, kemampuan berfikir kritis, teguh pada pendirian, mengembangkan rasa kepenasaranan intelektual yang menjadi kunci serta pintu pembuka bagi hadirnya ilmu pengetahuan.
4.  Penguasaan diri
Penguasaan diri merupakan kemampuan individu untuk menguasai emosi dan perasaannya, serta menundukkan seluruh dorongan emosi itu pada tujuan yang benar selaras dengan panduan akal budi.
5.  Keberanian
Keberanian merupakan keutamaan yang memungkinkan individu mampu melakukan sesuatu dan merealisasikan apa yang dicita-citakannya. Keberanian termasuk di dalamnya kesediaan untuk berkorban demi nilai-nilai yang menjadi prinsip hidupnya, tahan banting, gigih dan kerja keras.
6.  Cinta kebenaran
Cinta akan kebenaran merupakan dasar pembentukan karakter yang baik, bukan sekedar sebagai seorang pembelajar, melainkan juga sebagai manusia.
7.  Terampil
Memiliki berbagai macam kompetensi dengan ketrampilan yang dibutuhkan, bagi perkembangan individu maupun dalam kerangka pengembangan profesional menjadi syarat utama pengembangan pendidikan karakter yang utuh.
8.  Demikratis
Masyarakat global hidup dalam kebersamaan dengan orang lain. Demokrasi mengandaikan bahwa individu memiliki otomoni dalam kebersamaan untuk mengatur kehidupannya, sehingga individu dapat bertumbuh secara sehat dalam kebersamaan.
9.  Menghargai perbedaan
Menghargai perbedaan merupakan sikap foundamental yang mesti ditumbuhkan di dalam diri individu, menghargai perbedaan mesti dituhbuhkan dalam diri tiap individu
10. Tanggung jawab
Tanggung jawab merupakan unsur penting bagi pengembangan pendidikan karakter karena terkait dengan ekspresi kebebasan menusia terhadap dirinya sendiri dan dengan orang lain.
11. Keadilan
Didalam konteks hidup bersama, keadilan bagi jiwa sebuah tatanan masyarakat yang sehat, manusiawi dan bermartabat. Tanpa keadilan, banyak hak hak orang lain dilanggar.
12. Integritas moral
Integritas moral merupakan sasaran utama pembentukan individu dalam pendidikan karakter. Integritas moral termasuk di dalamnya kemampuan individu untuk membuat kebijakan praktis yang bermakna bagi hidupnya sendiri dan orang lain.

0 komentar:

Poskan Komentar

Loading

 
Design by Dian Cakra Wiyatama