Kamis, 21 Juni 2012

TUJUAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA PAUD


Secara umum, tujuan pengembangan/pendidikan karakter pada anak usia dini adalah mendorong lahirnya anak-anak yang berkarakter baik. Membangun karakter yang efektif dapat ditemukan dalam lingkungan sekolah yang memungkinkan semua anak menunjukkan potensi mereka untuk mencapai tujuan yang sangat penting. (Baittstich, 2008:45)
Pada usia 0 sampai 6 tahun, otak manusia berkembang sangat pesat hingga mencapai 80%. Pada usia tersebut otak akan menerima dan menyerap semua informasi dari lingkungan sekitarnya tanpa memandang apakah informasi tersebut baik atau buruk. Saat inilah perkembangan karakter fisik, mental maupun spiritual anak mulai terbentuk. Para ahli menyebut masa ini dengan golden age (usia emas).
Anak-anak yang telah pembelajaran karakter pada pendidikan anak usia dini/pra sekolah mempunyai kemampuan yang lebih tinggi dari pada anak-anak yang tidak mengenyam pendidikan anak usia dini terutama dalam kemampuan akademik, kreativitas, inisiatif, motivasi dan kemampuan sosialnya. Berbeda dengan anak usia 5 tahun yang langsung dimasukkan Sekolah Dasar, kondisi psikologis mereka belum siap sehingga merasa tidak mampu dan rendah diri. Ini sangat berbahaya karena bisa mematikan semangat dan kecintaan mereka untuk belajar. Informasi tersebut menunjukkan betapa penting dan perlunya memanfaatkan masa emas anak/usia dini untuk memberikan pendidikan karakter yang baik karena masa ini sangat menentukan kesuksesasn anak di masa depannya.

2 komentar:

Unknown mengatakan...

Sangat bermanfaat...trus maju pendidikan
www.sriudin.com

UPT TK DAN SD KECAMATAN NGADIROJO mengatakan...

semangat,,,terima kasih pak sahrudin

Posting Komentar

Loading

 
Design by Dian Cakra Wiyatama